BERITA
Diposting pada : 2017-11-01 | Oleh : Affan_Indonesia

Tips Mencari Buku Di Perpustakaan


Dulu, semasa kuliah, saya pernah mencoba mencari sebuah buku untuk referensi karya tulis saya di sebuah perpustakaan yang sangat besar. Ada jutaan buku atau mungkin lebih di sana. Tapi tebak, apa yang terjadi? Saya pulang dengan tangan kosong. Tanpa sebuah buku pun saya pinjam.

Menemukan buku yang kita inginkan atau sangat kita perlukan di sebuah perpustakaan yang besar, bukanlah hal yang sulit. Ini tentu saja jika kita tahu bagaimana caranya. Pengalaman saya di atas menunjukkan bahwa untuk menemukan sebuah buku yang kita butuhkan di sebuah perpustakaan bagaikan mencari sebilah jarum di dalam tumpukan jerami. Nah, kali ini saya akan mencoba berbagi cara atau tips untuk menemukan buku yang anda inginkan di sebuah perpustakaan besar yang punya begitu beragam dan banyak koleksi.

Tips 1. Kenali Seluruh Bagian Perpustakaan

Perpustakaan yang besar, semisal perpustakaan kampus atau perpustakaan daerah menyimpan banyak buku-buku referensi dan literat

ur. Tentunya, terdiri dari beragam jenis, mulai dari koleksi langka hingga buku-buku yang mudah ditemukan di toko buku. Perpustakaan akan menyimpan buku-buku langka di bagian referen. Buku-buku ini tentunya tidak boleh dibawa pulang. Biasanya kita diperbolehkan masuk untuk melihat-lihat buku atau membacanya. Jika diperlukan kita bisa meminta copy halaman-halaman yang diperlukan melalui bantuan petugas pertpustakaan.
Saat memasuki perpustakaan untuk pertama kali, kenali seluruh bagian atau ruangan-ruangan yang ada. Baca tanda-tanda yang ada di tembok, papan pengumuman, atau penanda arah bagian-bagian kategori buku atau nomor rak. Ini penting agar anda mudah menuju bagian yang menjadi kebutuhan atau minat anda. Jangan lupa, baca juga tata tertib perpustakaan. Walaupun tata tertib di semua perpustakaan mirip, selalu ada peraturan-peraturan yang berlaku khas di sana.

Tips 2. Katalog Itu Penting

Jika anda tidak ingin seperti orang yang mencari-cari jarum di antara tumpukan jerami saat akan mencari buku yang dibutuhkan, maka lemari katalog adalah kuncinya. Temukan lemari katalog, atau dapat juga berbentuk kotak-kotak dengan laci-laci kecil dari kayu. Cobalah menemukan judul buku yang anda inginkan di sana. Anda bisa mulai dengan nama pengarang, atau judul buku, atau bahkan subjek yang anda cari. Perpustakaan modern (kebanyak perpustakaan kampus sudah menggunakan ini), menyediakan beberapa buah komputer yang berisi database koleksi buku-buku atau jurnal yang mereka miliki. Pakailah komputer itu untuk mencari buku yang dibutuhkan. Komputer katalog ini fungsinya sama dengan lemari katalog, dan tentu pencarian anda akan lebih dimudahkan dengan alat ini. Biasanya, kita dapat memasukkan judul buku yang kita inginkan, atau nama pengarang, penerbit, hingga subjek atau kata kunci yang berkaitan dengan buku yang kita perlukan.

Tips 3. Catat Identitas Buku

Setelah anda menemukan buku yang anda butuhkan di katalog atau komputer database koleksi perpustakaan, catat semua keterangan yang diberikan, mulai dari nomor identitas buku, hingga di bagian dan rak nomor berapa buku itu diletakkan. Biasanya, kita juga dapat mengetahui apakah buku itu saat ini masih tersedia di sana (ataukah sedang dipinjam oleh orang lain). Jika buku sedang dipinjam, kita dapat memesan kepada pustakawan untuk meminjamnya pada saat buku telah dikembalikan. Untuk ini, catatlah tanggal berapa buku itu akan dikembalikan oleh si peminjam.
 

Tips 4. Temukan Buku Yang Dibutuhkan

Berbekal catatan dari database koleksi perpustakaan atau lemari katalog, segeralah anda menuju tempat di mana koleksi diletakkan. Perhatikan, biasanya rak diberi nomor secara berurutan, demikian juga buku-buku koleksi diurutkan pada rak sesuai nomor identitasnya. Carilah buku yang anda inginkan dengan mengamati nomor punggung yang merupakan identitas buku. Jika tidak menemukannya, padahal pada database perpustakaan buku itu tersedia, maka anda harus sedikit bersabar. Telusuri seluruh buku pada rak tersebut dari ujung kiri ke ujung kanan. Ada kemungkinan, seorang pengunjung perpustakaan ya

©Copyright 2017 perpustakaan UNSIQ by Affan_Indonesia Design All Rights Reserved
Alamat : Jalan Raya Kalibeber Km. 3 Wonosobo Jawa Tengah
Telp./Fax : (0286)321873
Online Chat :
TelegramAffan
WhatsAppAffan