ARTIKEL
Diposting pada : 2015-07-18 | Oleh : Amat Subagyo, S.IP

Informasi merupakan kebutuhan penting yang harus diketahui atau diterima oleh masyarakat. Pada dasarnya informasi dibuat untuk menambah pengetahuan manusia dalam kehidupan agar memberi wawasan luas tentang keragaman yang ada di dunia ini. Seiring dengan perkembangan zaman dan juga perkembangan teknologi, informasi berkembang secara pesat. Informasi yang beredar pada saat ini sangat luas dan beragam. Semua orang bisa menyampaikan informasi dengan cepat kapan pun dan dimanapun. Saat ini informasi yang berkembang sangat mudah di akses oleh manusia. Ini berkat munculnya perkembangan teknologi internet yang semakin canggih. Kehidupan manusia saat ini sudah dimudahkan dengan teknologi internet, dengan sekali klik kita bisa mendapat informasi yang jumlahnya jutaan.

Keberadaan teknologi informasi ini menimbulkan dua efek yaitu efek positif dan efek negative. Efek positif, bahwa saat ini manusia bisa memperoleh kemudahan segala bidang mulai segi komunikasi, ekomoni, dll. Adapun efek negativenya antara lain memberi dampak buruk pad

a kelangsungan hidup manusia, misalkan internet menimbulkan kemerosotan akhlak. Timbulnya efek dari kemajuan teknologi informasi harus kitahadapi dengan sudut pandang yang luas agar tidak terhindar dari hal-hal yang merugikan.

Pertumbuhan informasi yang sangat komplek membuat binggung bagi sebagian orang. Informasi adalah bagian terpenting dari kehidupan umat manusia. Orang akan ketinggalan zaman jika tidak menyimak perkembangan informasi yang beredar saat ini. Perkembangan informasi melalui media seperti TV, Internet, Surat Kabar dll merupakan hal penting yang harus kita ketahui. Namun kita tidak boleh mencerna informasi yang beredar di media khususnya di internet secara mentah-mentah. Perlu diketahui sumber yang jelas dari mana informasi itu di beritakan.

Keterampilan memperoleh informasi adalah hal penting yang harus dimiliki oleh masyarakat saat ini. Namun pada kenyataanya banyak yang belum mengetahui keterampilan mengakses informasi. Banyak dari sebagian orang binggung saat melalukan pencarian informasi agar mendapatkan informasi yang akurat dan tepat. Jika kita tidak memiliki keterampilan tersebut sudah pasti kebutuhan yang dicari semakin meleset dari apa yang diharapkan. Apalagi pencarian melalui internet, kita akan dihadapkan dengan jutaan website yang sangat beragam.

Dari jutaan haril pencarian sudah pasti membingungkan mana informasi yang akan di ambil. Nah dari situ kita tahu bahwa keterampilan mengakses informasi memang sangat dibutuhkan. Istilah populernya saat ini disebut dengan literasi informasi.

Mengenal Literasi Informasi

Istilah literasi mungkin sudah tidak asing lagi dipikiran sebagian orang. Namun tidak banyak dari mereka yang memahami makna dan definisinya secara jelas. Sebab memang Literasi merupakan sebuah konsep yang memiliki makna kompleks, dinamis, terus ditafsirkan dan didefinisikan dengan beragam cara dan sudut pandang. Berangkat dari sini, maka perlu kiranya diuraikan apa sebenarnya makna dari Istilah Literasi itu.

Menurut kamus online Merriam-Webster, Literasi berasal dari istilah latin 'literature' dan bahasa inggris ‘letter'. Literasi merupakan kualitas atau kemampuan melek huruf/aksara yang di dalamnya meliputi kemampuan membaca dan menulis. Namun lebih dari itu, makna literasi juga mencakup melek visual yang artinya "kemampuan untuk mengenali dan memahami ide-ide yang disampaikan secara visual (adegan, video, gambar)."

National Institute for Literacy, mendefinisikan Literasi sebagai "kemampuan individu untuk membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian yang diperlukan dalam pekerjaan, keluarga dan masyarakat." Definisi ini memaknai Literasi dari perspektif yang lebih kontekstual. Dari definisi ini terkandung makna bahwa definisi Literasi tergantung pada keterampilan yang dibutuhkan dalam lingkungan tertentu.

pemakai non pustakawan dan akademisi, pustakawan perlu menjelaskan definisi Literasi informasi serta membedakannya dari instruksi bibliografis serta perbedaannya dari pendidikan dan pembelajaran pada

©Copyright 2017 perpustakaan UNSIQ by Affan_Indonesia Design All Rights Reserved
Alamat : Jalan Raya Kalibeber Km. 3 Wonosobo Jawa Tengah
Telp./Fax : (0286)321873
Online Chat :
TelegramAffan
WhatsAppAffan