ARTIKEL
Diposting pada : 2017-11-01 | Oleh : Affan_Indonesia

Buku adalah jendela dunia yang mampu membuat kita mengenal berbagai hal. Dengan buku, kita bisa menyerap berbagai disiplin ilmu dan pengetahuan yang akan sangat berguna bagi hidup kita. Banyaknya buku yang kita baca, bahkan akan mampu membentuk siapa kita di masa dewasa. Oleh sebab itulah, kita harus membiasakan diri rajin membaca buku dan menjadikan hari-hari kita kaya pengetahuan dengan selalu membaca buku.

Nah, jika sahabat remaja ingin memulai kebiasaan baik dengan rajin membaca buku, sahabat bisa mencoba tips membiasakan diri rajin membaca buku sebagai berikut:

1. Saat jalan-jalan ke mall sempatkan ke toko buku lebih dahulu.
Saat ini banyak bookstore atau toko buku yang berada di mall, contohnya saja Gramedia, Gunung Agung, dan lainnya. Di sana sangat banyak buku bagus yang bisa menarik minat baca kita sehingga kita menjadi rajin membaca.

2. Pergi ke perpustakaan.
Jika kita belum ada budget untuk membeli buku, kita

bisa pergi ke perpustakaan sekolah. Bisa juga kita pergi ke perpustakaan daerah di kota kita yang memiliki lebih banyak koleksi buku untuk kita baca secara gratis.

3. Simpan buku di tempat strategis atau tempat kita sering berada.
Hal ini kita lakukan, agar setiap saat kita bisa menjangkau buku dan membacanya. Misalnya saja dengan meletakkan atau menyimpan buku di pinggir tempat tidur, sehingga saat bangun atau menjelang tidur, kita bisa dengan mudah meraih dan membacanya.

4. Bawa satu buku saat bepergian.
Buku bisa menjadi teman yang asyik saat kita tengah dalam perjalanan, terutama saat kita pergi sendirian dan tak ada teman bicara. Dengan begitu, kita dapat mengisi waktu dengan membaca buku favorit kapan dan di manapun.

5. Membuat daftar buku wajib baca.
Buatlah sebuah daftar buku apa saja yang wajib kita baca dan target selesainya.

6. Berikan hadiah untuk diri kita.
Jika kita telah mencapai target awal dalam membiasakan diri rajin membaca buku, cobalah berikan hadiah untuk diri kita sebagai bentuk penghargaan atas keberhasilan kita, misalnya saja dengan membeli ice cream kesukaan atau sesuatu yang positif lainnya yang menyenangkan.

Itulah beberapa tips membiasakan diri rajin membaca yang bisa sahabat remaja coba. Dan jangan lupa, untuk memberikan tanggapan atau komentar setelah sahabat mencobanya ya

©Copyright 2017 perpustakaan UNSIQ by Affan_Indonesia Design All Rights Reserved
Alamat : Jalan Raya Kalibeber Km. 3 Wonosobo Jawa Tengah
Telp./Fax : (0286)321873
Online Chat :
TelegramAffan
WhatsAppAffan