ARTIKEL
Diposting pada : 2017-11-01 | Oleh : Affan_Indonesia

Adakah kaitan antara aktivitas membaca dengan kesehatan? Sepintas sepertinya tidak ada kaitan di antara keduanya. Bila pertanyaannya, adakah kaitan antara antivitas membaca dengan ilmu pengetahuan? Tentu semua sepakat menjawab: ada! Memang, banyak sekali manfaat dari aktivitas membaca, yang di antaranya adalah menambah ilmu pengetahuan. Nah, yang berkaitan dengan segi kesehatan, ternyata banyak juga manfaatnya.

Berikut ini dikemukakan beberapa manfaat altivitas membaca ditinjau dari segi kesehatan:

Meningkatkan konsentrasi
Orang-orang yang suka membaca akan memiliki kebiasaan mencermati segala sesuatu secara cermat, sehingga kerja  otak akan lebih mudah berkonsentrasi dan fokus pada objek yang dicermati. Dengan demikian, orang yang memiliki kebiasaan membaca akan memiliki pula kemampuan memberi perhatian secara penuh dan praktis dalam kehidupan. Hal ini juga mengembangkan keterampilan objektivitas dalam pengambilan keputusan.

Menghilangkan<

strong> stres
Stres biasanya muncul karena pikiran dan perasaan seseorang mengalami ketegangan. Stres berisiko menumbuhkan beberapa masalah berbahaya. Keindahan bahasa dalam tulisan yang diperoleh dari aktivitas membaca memiliki kemampuan untuk menenangkan dan mengurangi stres, terutama membaca buku-buku fiksi atau buku dengan tema-tema humor yang menyegarkan.

Melatih otak
Satu keuntungan dari membaca buku adalah melatih otak dan pikiran. Membaca dapat membantu otak agar selalu melakukan fungsinya dengan sempurna. Saat membaca, otak diperlukan untuk berpikir lebih sehingga dapat membuat orang lebih cerdas. Tapi untuk latihan ini, membaca buku harus dilakukan secara rutin.

Menghindari risiko Alzheimer
Membaca buku benar-benar dapat meningkatkan kekuatan jaringan otak secara langsung. Ketika membaca, otak akan mengalami rangsangan secara teratur. Kondisi ini dapat mencegah gangguan otak termasuk penyakit Alzheimer. Penelitian telah menunjukkan bahwa latihan otak seperti membaca buku atau majalah, bermain teka-teki silang, maupun sudoku, dapat menunda atau mencegah kehilangan memori. Menurut hasil penelitian, kegiatan ini merangsang sel-sel otak hingga dapat terhubung dan tumbuh secara baik.

Mengembangkan pola tidur sehat
Orang yang suka membaca biasanya akan berusaha meluangkan waktu untuk melakukan hal tersebut. Waktu-waktu menjelang tidur merupakan salah satu waktu favorit untuk membaca. Bila kita membiasakan diri untuk membaca buku sebelum tidur, hal itu berfungsi sebagai mesin pengingat bagi tubuh dan mengirimkan sinyal waktu tidur. Dengan demikian, kita akan dapat tidur nyenyak dan bangun segar di pagi hari.

Begitulah beberapa manfaat dari aktivitas membaca ditinjau dari segi kesehatan. Betapa pentingnya manfaat tersebut bagi diri kita, jadi mulailah menumbuhkan kebiasaan membaca sekarang juga. Setelah aktivitas membaca telah tumbuh dengan subur, nikmatilah hikmahnya!*)

Sumber: http://health.liputan6.com/read/324474/biasakan-membaca-sebelum-pikun-menyergap

©Copyright 2017 perpustakaan UNSIQ by Affan_Indonesia Design All Rights Reserved
Alamat : Jalan Raya Kalibeber Km. 3 Wonosobo Jawa Tengah
Telp./Fax : (0286)321873
Online Chat :
TelegramAffan
WhatsAppAffan